Pages

Kamis, 13 Januari 2011

NEW MEDIA

New media.. pengertian yang sederhana dari kata “new media” dapat dilakukan dengan menjabarkan arti dari media. Media adalah sebuah kata yang berasa dari bahasa latin yaitu “Medius” yang berarti tengah, perantara atau pengantar. Menurut beberapa orang media itu adalah :
1. media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa hingga terjadi proses belajar. (Purnawarti dan Eldarna (2001 :4))
2. media adalah alat antu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan, guna mencapai tujuan pembelajaraan. (Diamarah(1995:136))
3. apabila media dipahami secara garis besar adalah manusia materu atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan keterampilan atau sikap. (Gerlach dan Elv (19771))
4. media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi (AECT 1997)

Pada tahun 1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebih kuat. Tidak sampai 1980-an Alan Kay dan rekan kerja di Xerox PARC mulai memberikan kekuatan komputer untuk individu.
Sampai tahun 1980-an mengandalkan media cetak dan terutama tergantung pada model siaran analog, seperti televisi dan radio. 
Dua puluh lima tahun terakhir terjadi transformasi cepat ke media yang ditautkan pada penggunaan komputer digital, seperti Internet dan game komputer. Penggunaan komputer digital telah mengubah sisa  media, seperti munculnya televisi digital dan publikasi online. Bahkan bentuk media tradisional seperti mesin cetak telah diubah melalui penerapan teknologi seperti perangkat lunak manipulasi gambar seperti Adobe Photoshop,CorelDraw dan alat-alat desktop publishing.
 New Media muncul di akhir abad ke-20 untuk mencakup penggabungan dari media tradisional seperti film, gambar, musik, diucapkan dan ditulis kata, dengan kekuatan interaktif teknologi komputer dan komunikasi, komputer konsumen diaktifkan perangkat dan yang paling penting Internet. New Media mengulurkan kemungkinan akses on-line untuk konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan masyarakat sekitar isi media. Karakteristik New Media berupa digital,  memiliki karakteristik dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh mungkin Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROM, dan DVD. New Media bukan seperti program televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas melainkan suatu media yang mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital, seperti grafis yang berisi tag-link.

Beberapa Contoh New Media :

TWITTER

FACEBOOK
LAPTOP


HANDPHONE
YOUTUBE






0 komentar:

Posting Komentar