Pages

Jumat, 18 November 2011

Pengenalan MySQL

MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS)  yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MySQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya; SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai membuat database adalah menginstall terlebih dahulu software MySQL nya :)) hahha
Saat proses instalasi biasanya program akan meminta anda untuk memasukkan sebuah password, password tersebut digunakan saat kita akan mulai masuk kedalam sistem membuat database, jadi tidak akan ada yang bisa mengotak - atik atau mengganggu database yang telah kita buat, karena database tersebut telah diprotect oleh password, tetapi bila tidak ingin menggunakan password maka cukup next saja dan kosongkan kolom password.

sebelum memulai membuat sebuah database ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu beberapa code yang digunakan dalam pembuatan database di MySQL ini :


Create  =  digunakan untuk membuat sesuatu, contoh database atau table.
Use      = digunakan untuk menggunakan database yang telah kita buat
Desc    = Describe digunakan untuk melihat table beserta field-field yang telah kita buat
Insert    = digunakan untuk menyisipkan record kedalam table
Update  = digunakan untuk mengupdate atau memperbarui isi record atau mempunyai fungsi yang sama dengan Edit
Select   = mempunyai banyak fungsi (pembahasan lebih lanjut pada post selanjutnya :) )

untuk implementasi langsung pada program MySQL nya akan saya bahas pada posting selanjutnya :)

0 komentar:

Posting Komentar